Sabtu, 20 Juli 2013

Ternyata sudah lama tak jumpa

Sebelumnya mohon maaf bagi para pengambah dunia maya yang tak sengaja kesasar ke BLOG saya ini. Karena ternyata sudah empat tahun yang lalu blog ini saya buat. Awalnya blog ini saya buat untuk menampung orang-orang yang banyak ide dalam pemberdayaan masyarakat agar bermanfaat memberikan pencerahan melalui pendapat ataupun komentar yang ditulis. Sesuai dengan tema Jagong Gayeng, maka kami harapkan sumbangan pemikiran atau ide yang positif bisa disampaikan layaknya orang yang lagi santai 'jagongan' seperti lagi berhadap hadapan. Namanya jagong, jadi yang diomongkan kadang 'ngalor'kadang 'ngidul' sebagai pengisi waktu asal ada manfaatnya. Saya menyenangi hal hal teknologi sederhana seperti bagaimana mengolah limbah pertanian maupun limbah rumah tangga menjadi sesuatu yang memiliki manfaat lebih tinggi dan memiliki nilai ekonomi karena laku dijual, karena memang dperlukan orang banyak. Sebagai contoh mengolah sampah sebagai pupuk organik padat maupun cair. Mengolah sampah jadi etanol ala LPG dan sejenisnya, mengolah sampah jadi pakan ternak. Jika sampah bisa diolah jadi sesuatu yang lebih berharga, maka tentu bisa memberikan nilai tambah bagi para pelakunya. Hal yang paling diinginkan ialah bertambahnya pendapatan karena kegiatan memanfaatkan limbah. Lapangan pekerjaan juga akan tercipta dari aktifitas merubah limbah dengan teknologi sederhana ini. Saya berfikir sederhana saja, jika yang namanya limbah atau sampah; tentu tidak akan ada habisnya setiap hari. Makanya tentu tidak akan banyak pesaingnya. Bahkan andai banyak para pengolah sampah yang merubah menjadi sesuatu yang bermanfaat, tentu lebih menyenangkan karena mengurangi timbunan sampah yang tak pernah ada habisnya selagi aktifitas manusia masih ada. Oleh karenanyamonggo saya mengajak teman teman yang memiliki minat yang sama untuk ikut andil memberikan gagasan positif. Sampah atau limbah bisa seperti emas, jika disentuh dengan teknologi.

1 komentar:

Pakde Tropong mengatakan...

Wah, menyenangkan sekali. Ide yang bagus. Seperti ini yang saya inginkan. Tapi kalau boleh tahu berapa fee yang diterima setiap merekrut satu satu member ? Klo gak keberatan mohon info no hp atau email anda via email saya wisanggenii@gmail.com
Terima kasih. Saya tunggu.
Pakde tropong